Kamis, 01 Oktober 2015

☛ Al Mashun : Masjid Kejayaan Kesultanan Deli.


Masjid Raya Al Mashun menjadi bukti kejayaan Kesultanan Deli di masa lampau. Masjid yang dibangun pada masa Sultan Ma’mun Al Rasyid Perkasa Alam itu hingga kini masih berdiri gagah di Jalan Sisingamangaraja, Kota Medan, Sumatera Utara.

Masjid ini dibangun selama tiga tahun, dimulai tanggal 21 Agustus 1906. Pembukaan masjid ini ditandai dengan salat Jumat pada 10 September 1909 atau tanggal 1 Rajab 1324 Hijriyah. Sebagai simbol ketaatan pada Tuhan, Sultan Ma’mun sengaja membangun masjid kerajaan ini lebih megah daripada Istana Maimun, tempatnya tingal.


Dibutuhkan dana 1 juta Gulden untuk pembangunannya. Dana itu ditanggung oleh Sultan Ma’mun. Namun ada riwayat lain yang menyebut tokoh China di Medan, Tjong A Fie, turut mendanai pembangunan masjid yang kini sudah berusia satu abad ini.

Pada mulanya, masjid ini dirancang oleh arsitek Belanda, Van Erp, yang juga merancang Istana Maimun. Tapi kemudian prosesnya dikerjakan oleh JA Tingdeman, setelah Pemerintah Belanda memanggil Van Erp ke Pulau Jawa untuk bergabung dalam proses restorasi Candi Borobudur di Jawa Tengah.

Arsitektur masjid ini merupakan perpaduan antara gaya Timur Tengah, India, dan Spanyol. Sebagian bahan bangunan diimpor. Marmer untuk dekorasi didatangkan dari Italia dan Jerman, kaca patri dari Cina, dan lampu gantung langsung dibeli dari Prancis.

JA Tingdeman merancang masjid ini dengan bentuk segi delapan, dengan memiliki sayap di bagian selatan, timur, utara dan barat. Denah yang persegi delapan ini menghasilkan ruang bagian dalam yang unik. Ruang utama yang menjadi tempat salat berbentuk segi delapan.


Bagian kubah utama mengikuti model Turki, berbentuk patah-patah bersegi delapan. Kubah utama dikelilingi empat kubah lain di atas keempat beranda, dengan ukuran yang lebih kecil. Kubah ini ditopang oleh delapan pilar utama berdiameter 60 centimeter yang menjulang di tengah bangunan utama.

Di keempat penjuru masjid diberi beranda dengan atap tinggi berkubah warna hitam, yang mengelilingi kubah utama tadi. Tiap beranda juga dilengkapi dengan pintu utama dan tangga yang menghubungkan antara pelataran dengan lantai utama masjid.

Jendela-jendela yang mengelilingi pintu beranda terbuat dari kayu dengan kaca-kaca patri berharga, sisa peninggalan Art Nouveau periode 1890-1914, dipadu dengan kesenian Islam. Seluruh ornamen di tiang, plafon, maupun dinding, berbentuk bunga dan tumbuhan.

Sementara, bagian mihrab terbuat dari marmer dengan atap kubah runcing. Gerbang Masjid Raya Al Mashun berbentuk bujur sangkar beratap datar. Sedangkan menara masjid berhias paduan antara Mesir, Iran, dan Arab.

(Berbagai sumber)

Ya Allah... semoga yang membaca artikel ini :
¤ Muliakanlah orangnya
¤ Yang belum menemukan jodoh semoga lekas dipertemukan
¤ Yang belum mendapatkan keturunan semoga cepat mendapatkannya
¤ Semoga tergerak hatinya untuk bersedekah
¤ Entengkanlah kakinya untuk melangkah ke masjid
¤ Bahagiakanlah keluarganya
¤ Luaskan rezekinya seluas lautan
¤ Mudahkan segala urusannya
¤ Kabulkan cita-citanya
¤ Jauhkan dari segala Musibah, Penyakit, Prasangka Keji
¤ Jauhkan dari segala Fitnah, Berkata Kasar dan Mungkar.
Aamiin ya Rabbal'alamin

¤ Salam sayang buat istri & anak tercinta :
‘Siti Nurjanah & Rachmad Hidayatullah’


Diberdayakan oleh Blogger.

© Label Posting :

© 9 Fakta Unik Masjid Nabawi © Al-Masjid al-Nabawi Madinah © Arab Saudi © Azan Dari Dalam Perut Bumi © Beijing © Bekasi © Belgia © Bengkulu © Chechnya © China © Cina © Dinasti Qajar © Favorit Artis © Havana © Idul Adha © Ilmuwan Yahudi © Inggris © Iran © Istanbul © Jeddah © Jejak Islam di Belgia © Jejak Islam di Taiwan © Jepang © Kabupaten Trenggalek © Kisah Masjid Air Tiris © Kisah Masjid Hunto © Kuba © Kuba Izinkan Pembangunan Masjid Pertama di Havana © Kudus © Laut Merah © Maluku © Maroko © Masjid © Masjid © Italia © Masjid Adz-Dzikra Bogor © Masjid Agung © Masjid Agung Baiturrahman Kabupaten Trenggalek © Masjid Agung Banten © Masjid Agung Brussels © Masjid AGung Cirebon © Masjid Agung Sumenep © Masjid Al Alam Marunda © Masjid Al Azham Tangerang © Masjid Al Bina Senayan © Masjid Al Khidr Iran © Masjid Al Makmur © Masjid Al Makmur Cikini © Masjid Al Mashun Kesultanan Deli © Masjid Al Mujahidin © Masjid Al Mujahidin Bekasi Basis Perjuangan © Masjid An-Nur © Masjid Andalusia Sentul Bogor © Masjid Aneh © Masjid Ar-Rahman © Masjid Ar-Rahman Terapung di Laut Merah © Masjid Assalam Citereup Bogor © Masjid Aymani Kadyrova © Masjid Baitul Faizin Cibinong © Masjid Baitul Makmur Tanjunguban © Masjid Bernama Indonesia di Maroko © Masjid Bersejarah Bangladesh © Masjid Besar Kauman Semarang © Masjid Bir Ali © Masjid Cheng Ho © Masjid di Istanbul © Masjid Hassan II Maroko © Masjid Hidayatullah di Antara Pencakar Langit © Masjid Hijau di Turki © Masjid Indonesia © Masjid Jami Bengkulu © Masjid Jumat © Masjid Katedral © Masjid Katedral Moskow © Masjid Katedral Moskow Dibuka Saat Idul Adha © Masjid Larabanga Ghana © Masjid Lautze © Masjid Menara Kudus © Masjid Misericordia Italia © Masjid Muslim Pancasila © Masjid Nabawi © Masjid Nasir al-Mulk © Masjid Niujie © Masjid Nurbuat Perpaduan Etnik © Masjid Qiblatain © Masjid Quba di Madinah © Masjid Raya Bandung © Masjid Sabillal Muhtadin Banjarmasin © Masjid Sentral Cologne © Masjid Tegalsari Ponorogo © Masjid Terapung Arkam Babu Rahman © Masjid Tertua di Inggris Dibangun Ilmuwan Yahudi © Masjid Tua di Cina © Moskow © Pekanbaru © Ponorogo © Pyongyang Mosque di Korut © Raudhah © Riau © Rumah Sakit Inggris © Rumah Sakit Inggris Disulap Jadi Masjid © Sagu © Salat Beralas Bumi Beratap Langit © Samarra Masjid Cantik © Sayyid Fadhal Ali Murtazha © Sejarah Masjid 'Soekarno' di Rusia © Seoul Central Mosque © Sumenep © Sunan Ngudung © Taipei © Taipei Grand Mosque © Tanah Abang © Tokyo © Tokyo Camii Masjid Tertua di Jepang © Turki © Uniknya Masjid Xi'an ©Argun City Babilonia Irak Masjid Jami' Baabul Munawwar

Latest Tweets

 
;