Jumat, 18 September 2015

☛ Masjid Agung Brussels, Jejak Islam Tertua di Belgia


kemegahanmasjid.blogspot.com © Masjid Agung Brussels yang terletak di kawasan elit Komplek Cinquantenaire Park, Brussels, yang tak jauh dari markas besar Uni Eropa, adalah masjid tertua di Belgia.

Great Mosque of Brussels atau Masjid Agung Brussels yang terletak di kawasan elit Komplek Cinquantenaire Park, Brussels, yang tak jauh dari markas besar Uni Eropa, adalah masjid tertua di Belgia.
 
Tak hanya berarsitektur cantik, Masjid Agung Brussels juga memiliki sejarah yang yang menarik. Pada awalnya, bangunan ini tidak diperuntukkan sebagai masjid melainkan sebagai paviliun pameran kebudayaan negeri-negeri timur.

Masjid ini juga sempat difungsikan sebagai gedung eksibisi nasional Belgia, tepatnya di tahun 1879. Kala itu, eksistensi muslim di Belgia belum terlalu dikenal dan diakui.

Seiring keberadaan komunitas muslim yang makin diterima di Belgia, masjid ini kemudian digunakan sebagai basis Islamic and Cultural Centre Belgium, Organisasi Islam pertama di Belgia.
Islam diakui sebagai agama resmi oleh pemerintah Belgia sejak tahun 1974. Sejak itu pula ajaran-ajaran Islam kian berkembang di sana. Sekolah-sekolah Belgia mulai memasukkan materi pengenalan Islam ke dalam kurikulum resmi sekolah.

Bahkan, Fadila Laan (30 tahun), terpilih menjadi muslimah Belgia pertama yang masuk ke dalam jajaran kabinet Belgia sebagai Menteri Kebudayaan dan Audio Visual.

Kemudian, pada tahun 1967, Raja Arab Saudi, Raja Faisal bin Abdul Aziz, melakukan lawatan resmi ke Belgia dan Raja Belgia, Raja Baudouin, menghadiahkan gedung pameran di Cinquantenaire Park, Brussels, yang sudah lama tak terpakai dan terabaikan kepada Raja Faisal bin Abdul Aziz.

Momen itulah yang menjadi pembuka jalan bagi pendirian Masjid Agung Brussels untuk mengakomodasi kebutuhan umat Islam Belgia yang kala itu mulai berkembang.

Atas perintah Raja, pemerintah Arab Saudi kemudian memutuskan untuk mendanai sendiri seluruh biaya rekonstruksi bangunan tersebut untuk mengubahnya menjadi masjid dan pusat kebudayaan Islam pertama di Belgia.

Namun takdir menentukan lain, tanggal 25 Maret 1975 Raja Faisal bin Abdul Aziz tewas ditembak oleh keponakannya sendiri Faisal bin Musa'id, yang baru saja kembali dari Amerika Serikat. Saudara Raja Faisal, Khalid bin Abdul Aziz kemudian naik tahta menggantikan beliau.

Setelah melalui perjalanan yang begitu panjang dengan berbagai hambatan, proses rekonstruksi yang diarsiteki oleh Arsitek Tunisia, Boubaker akhirnya rampung dilaksanakan.

Masjid Agung Brussels pun berdiri dan diresmikan pada tahun 1978 oleh Raja Khalid dan Raja Baudouin sebagai Pusat Kebudayaan Islam Pertama di Belgia.

Kini, Masjid Agung Brussels setiap harinya disesaki oleh para jemaah yang beribadah di sana. Terlebih pada bulan Ramadan dan dua hari besar Islam. Masjid ini akan selalu penuh sesak oleh jemaah hingga ke halaman. 

Tenda-tenda yang dipasang oleh pengurus masjid seringkali tak mampu menampung jemaah yang ditaksir mencapai 7.000-an orang. Sangat kontradiktif dengan masa awal penggunaan masjid itu di tahun 1978 yang hanya diisi oleh tak lebih dari dua shaf jemaah setiap salat fardu.

(Berbagai sumber)

Ya Allah... semoga yang membaca artikel ini :
¤ Muliakanlah orangnya
¤ Yang belum menemukan jodoh semoga lekas dipertemukan
¤ Yang belum mendapatkan keturunan semoga cepat mendapatkannya
¤ Semoga tergerak hatinya untuk bersedekah
¤ Entengkanlah kakinya untuk melangkah ke masjid
¤ Bahagiakanlah keluarganya
¤ Luaskan rezekinya seluas lautan
¤ Mudahkan segala urusannya
¤ Kabulkan cita-citanya
¤ Jauhkan dari segala Musibah, Penyakit, Prasangka Keji
¤ Jauhkan dari segala Fitnah, Berkata Kasar dan Mungkar.
Aamiin ya Rabbal'alamin


¤ Salam saying buat istri & anak tercinta :
“Siti Nurjanah & Rachmad Hidayatullah”

Diberdayakan oleh Blogger.

© Label Posting :

© 9 Fakta Unik Masjid Nabawi © Al-Masjid al-Nabawi Madinah © Arab Saudi © Azan Dari Dalam Perut Bumi © Beijing © Bekasi © Belgia © Bengkulu © Chechnya © China © Cina © Dinasti Qajar © Favorit Artis © Havana © Idul Adha © Ilmuwan Yahudi © Inggris © Iran © Istanbul © Jeddah © Jejak Islam di Belgia © Jejak Islam di Taiwan © Jepang © Kabupaten Trenggalek © Kisah Masjid Air Tiris © Kisah Masjid Hunto © Kuba © Kuba Izinkan Pembangunan Masjid Pertama di Havana © Kudus © Laut Merah © Maluku © Maroko © Masjid © Masjid © Italia © Masjid Adz-Dzikra Bogor © Masjid Agung © Masjid Agung Baiturrahman Kabupaten Trenggalek © Masjid Agung Banten © Masjid Agung Brussels © Masjid AGung Cirebon © Masjid Agung Sumenep © Masjid Al Alam Marunda © Masjid Al Azham Tangerang © Masjid Al Bina Senayan © Masjid Al Khidr Iran © Masjid Al Makmur © Masjid Al Makmur Cikini © Masjid Al Mashun Kesultanan Deli © Masjid Al Mujahidin © Masjid Al Mujahidin Bekasi Basis Perjuangan © Masjid An-Nur © Masjid Andalusia Sentul Bogor © Masjid Aneh © Masjid Ar-Rahman © Masjid Ar-Rahman Terapung di Laut Merah © Masjid Assalam Citereup Bogor © Masjid Aymani Kadyrova © Masjid Baitul Faizin Cibinong © Masjid Baitul Makmur Tanjunguban © Masjid Bernama Indonesia di Maroko © Masjid Bersejarah Bangladesh © Masjid Besar Kauman Semarang © Masjid Bir Ali © Masjid Cheng Ho © Masjid di Istanbul © Masjid Hassan II Maroko © Masjid Hidayatullah di Antara Pencakar Langit © Masjid Hijau di Turki © Masjid Indonesia © Masjid Jami Bengkulu © Masjid Jumat © Masjid Katedral © Masjid Katedral Moskow © Masjid Katedral Moskow Dibuka Saat Idul Adha © Masjid Larabanga Ghana © Masjid Lautze © Masjid Menara Kudus © Masjid Misericordia Italia © Masjid Muslim Pancasila © Masjid Nabawi © Masjid Nasir al-Mulk © Masjid Niujie © Masjid Nurbuat Perpaduan Etnik © Masjid Qiblatain © Masjid Quba di Madinah © Masjid Raya Bandung © Masjid Sabillal Muhtadin Banjarmasin © Masjid Sentral Cologne © Masjid Tegalsari Ponorogo © Masjid Terapung Arkam Babu Rahman © Masjid Tertua di Inggris Dibangun Ilmuwan Yahudi © Masjid Tua di Cina © Moskow © Pekanbaru © Ponorogo © Pyongyang Mosque di Korut © Raudhah © Riau © Rumah Sakit Inggris © Rumah Sakit Inggris Disulap Jadi Masjid © Sagu © Salat Beralas Bumi Beratap Langit © Samarra Masjid Cantik © Sayyid Fadhal Ali Murtazha © Sejarah Masjid 'Soekarno' di Rusia © Seoul Central Mosque © Sumenep © Sunan Ngudung © Taipei © Taipei Grand Mosque © Tanah Abang © Tokyo © Tokyo Camii Masjid Tertua di Jepang © Turki © Uniknya Masjid Xi'an ©Argun City Babilonia Irak Masjid Jami' Baabul Munawwar

Latest Tweets

 
;